S1 Teknik Mesin

Tentang Program Studi

Akreditasi

B

Website

-

gambar-prodi

Visi
Menjadi program studi Teknik Mesin yang unggul, professional dan mandiri berbasis mekatronika, rekayasa manufaktur, kontruksi dan konversi energi serta mampu berinovasi dan Tecnopreneur di tingkat nasional pada tahun 2027

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara professional dalam bidang teknik mesin dan industri pada khususnya dan Kewirausahaan pada umumnya dengan menerapkan kurikulum beserta mata kuliah yang mendukung tercapainya visi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dibidang teknik mesin dan industri sehingga bermanfaat untuk dunia usaha dan industry serta masyarakat yang senantiasa memperhatikan pentingnya jaringan dan kerjasama.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan ilmu Teknik Mesin sesuai kebutuhan pengguna;
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik (Good Corporate Governance) program studi Teknik Mesin untuk meraih akreditasi terbaik. Melaksanakan sinergi kemitraan dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan mutu lulusan dan kemajuan ilmu teknik mesin berbasis mekatronika, rekayasa dan manufaktur, konstruksi dan konversi energi.

 

Tujuan Prodi S1 Teknik Mesin

  1. Menciptakan lulusan yang professional pada bidang Teknik Mesin yang mampu menangani dan memecahkan masalah-masalah sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.
  2. Menghasilkan kegiatan penelitian pada bidang teknik mesin yang dapat berdampak bagi masyarakat.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang teknik mesin yang dapat bermanfaat bagi masyarakat
  4. Menjalin kegiatan kerjasama dengan berbagai industri maupun instansi tingkat Wilayah, Nasional dan Internasional.
Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Kelas Karyawan Jalur Pindahan/Konversi - Pindahan

Reguler

1 April 2024 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Rp. 100.000

Kelas Karyawan Kampus Cikarang - Seleksi Mandiri

Reguler

1 April 2024 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Rp. 100.000

Kelas Karyawan Kampus Bekasi - Seleksi Mandiri PTS

Reguler

1 April 2024 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Rp. 100.000

Prospek Karir

Lulusan Sarjana Teknik Mesin dapat berkerja dan berkarir diberbagai instansi pemerintah ataupun swasta ( nasional / multinasional) seperti BUMN, perusahaan manufaktur, otomotif, energi, jasa konsultasi dan kontraktor, pertambangan dan perminyakan, lembaga penelitian perguruan tinggi ( PTN & PTS ), dsb. Sebagai pemimpin atau manager, atau tenaga ahli manitennace engineering, konversi energi, manajemen energi, perancang dan pengembang bidang teknik seperti otomotiv, teknologi manufaktur, dsb. Menjadi Tecnopreneur dengan mendirikan jasa konsultan dan kontreaktor yang berkaitan dengan pemakaian bahan bakar, performent, dampak dan managemen energi, training pengoprasian, perancangan dan pengendalian, proses dan sistem manufaktur, pelatihan teknologi manufaktur, CAD/CAM, CNC, Quality.

Materi Pembelajaran

Program Studi Teknik Mesin menerapkan kurikulum KKNI  yang memuat pemetaan capaian pembelajaran, bahan kajian, dan mata kuliah. Struktur program dan beban belajar mahasiswa untuk mencapai capaian pembelajaran d. Mahasiswa wajib menempuh 146 sks yang tersebar dalam 62 mata kuliah. Mata kuliah tersebut dibagi menjadi mata kuliah umum institusi yang sifatnya wajib (MPK), mata kuliah inti keilmuan, mata kuliah IPTEK pendukung, mata kuliah penciri program studi, dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah umum institusi yang sifatnya wajib ditawarkan pada semester I dan II dengan bobot SKS masing-masing sebesar 2 SKS. Prodi mensyaratkan mahasiswa memilih 3 mata kuliah dari 10 mata kuliah pilihan yang ditawarkan. Mata kuliah pilihan ditawarkan pada semester V, VI dan VII. Kemunculan mata kuliah inti keilmuan diatur kemunculuannya dengan disebar di berbagai semester. Mata kuliah tersebut juga diatur dalam bentuk prasyarat. Mahasiswa dapat melanjutnya menempuh mata kuliah semester selanjutnya apabila pada semester sebelumnya mahasiswa sudah lulus atau minimal menempuh mata kuliah yang disyaratkan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pemenuhan capaian lulusan dan mendukung terbentuknya profil lulusan yang ditetapkan.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!